• May 19, 2024 9:55 pm

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

17 Medali JSO Antarkan SMP Muhammadiyah Plus Melaju Tingkat Nasional

Bysmpmplus

May 17, 2023

Prestasi tiada henti. Begitulah jargon SMP Muhammadiyah Plus Salatiga untuk mengobarkan semangat siswa-siswi dan tenaga pendidik untuk terus menggali potensi diri hingga menggapai prestasi. Kali ini prestasi ditorehkan oleh siswa-siswi dalam ajang Jenius Science Olympiad (JSO) pada 14 Mei 2023 di Kota Surakarta.

JSO merupakan salah satu event Pendidikan Tingkat Nasional yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Intan Mutia. Pada tahun 2023, giat ini diadakan di lima kota dua provinsi. Dari lima kota yang menjadi tuan rumah, salah satunya yaitu Salatiga. SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, terpilih menjadi lokasi babak penyisihan tingkat kota pada tanggal 4 Maret 2023 lalu. Siswa-siswi yang berhasil lolos dalam penyisihan tingkat kota, akan melanjutkan ke babak penyisihan tingkat provinsi.

Babak penyisihan tingkat provinsi ini diselenggarakan di Kota Surakarta, tepatnya di SD Pangudi Luhur I dan II pada 14 Mei 2023. Kontingen SMP Muhammadiyah Plus Salatiga membawa 32 siswa untuk mengikuti babak penyisihan tingkat provinsi. Masing-masing, 5 untuk bidang IPA, 2 untuk bidang matematika, 20 untuk bidang English, dan 5 untuk bidang IPS. Para siswa akan bersaing dengan peserta yang datang dari berbagai daerah. Bidang pertama yang diujikan, yaitu matematika. Kemudian dilanjut dengan mapel IPA. Disusul dengan mapel English dan yang terakhir ada mapel IPS.

32 siswa yang berkompetisi, SMPMP Salatiga berhasil memboyong 17 medali untuk menambah jumlah prestasi sekolah. 2 siswa yang berkompetisi di bidang matematika dan keduanya berhasil merebut medali. Masing-masing ada Tania Alifiya dengan medali emas dan Safina Aidha dengan medali perunggu. Mapel IPA ada 5 siswa yang berkompetisi dan kelimanya pun mampu meraih medali. Medali emas ada Akmal Febriliananda dan Maulidia Atha. Sedangkan, M. Rizqy Orvala di medali perak. 2 siswa lainnya, ada Naura Thalita dan Amira Niti yang memegang medali perunggu.

Mapel English dengan jumlah siswa terbanyak, 5 dari 20 siswa mampu menduduki juara di tingkat provinsi. Medali emas ada Mazaya Assyifa. Kemudian, medali perak ada Esthetia Rizky Sekar dan Aryo Nofera Bontang. Di medali perunggu ada Kiara Nathania dan Nisrina Asfa Kayyisah. Terkahir, mapel IPS. 5 siswa yang berkompetisi dan kelimanya mampu mengamankan medali perunggu dan perak. 4 siswa yang berhasil meraih medali perak diantaranya Kirania Al Adila, Aqila Wuryaning, Saif Bassam Kara, dan Maulana Najid. Sedangkan, medali perunggu berhasil diamankan oleh Nabila Khoirunnisa.

17 siswa yang berhasil meraih medali emas, perak, maupun perunggu akan bertandang ke Universitas Negeri Yogyakarta untuk melanjutkan perjuangannya di tingkat nasional. Grand Finalis JSO Tingkat Nasional 2023 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Juni 2023.

Sutomo, M.Ag., selaku kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga memberikan ucapan selamat kepada para juara dan ucapan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih. Beliau juga berharap, prestasi ini dapat memantik siswa lainnya untuk ikut menyumbangkan prestasi sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *