• May 19, 2024 9:30 pm

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Gemuruh Suara Dongeng dari Caca, Menggetarkan Hati Para Juri di Persipda

Bysmpmplus

Jul 6, 2023

“Tiba-tiba, terdengar suara gemuruh yang menggetarkan hati Mbok Simi dan Suami saat mereka akan pergi ke ladang.” (Penggalan cerita Timun Mas yang dibawakan oleh Fahda Queensa pada saat lomba bercerita)

Salatiga-Fahda Quensa, siswa kelas 8 SMPMP, beranjak dari rumah untuk menjemput impian sebagai pembaca cerita. Fahda yang kerap disapa Caca ini mencari peruntungan pada kompetisi lomba bercerita dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga. (4/7/2023)

Kepiawaian bercerita Caca beriringan dengan latihan tekun selama liburan sekolah. Merelakan waktu bermain untuk persiapan, tentu menjadi landasan bahwa dia sangar bersungguh-sungguh mengikuti kompetisi tersebut.

Pemilihan naskah cerita ditentukan oleh setiap masing-masing sekolah. Karena Caca masih pada bagian Drama Tumbuh, Caca harus bersedia mengikuti seleksi internal dengan mengirimkan video tersebut kepada pendamping. Akhirnya ia lolos dan mengikuti latihan sepanjang liburan.

Latihan demi latihan ia lewati hingga tiba pada hari Selasa, 4 Juli 2023. Fahda mempersiapkan dengan segala macam teknik yang ia pakai dalam seni bercerita ini mulai dari vokal, gesture, mimik, emosi, penguasaan panggung, hingga intonasi setiap kata yang ia tuturkan kepada penonton dan dewan juri.

“Jujur, saya ini sempat minder. Insecure-lah. Kontestan lain persiapan propertinya sangat apik. Aku hanya bermodalkan teknik yang aku asah bersama Pak Toat waktu latihan. Alhamdulillah, semua berjalan lancar walaupun ada yang sedikit salah ucap,” ucap Caca ketika setelah tampil dengan urutan 8.

Ekspekstasi yang diturunkan menjadikan hati dan perasaan tidak cemas. Merasa tidak yakin dengan penampilan, Caca tidak berharap apa-apa. Ia hanya ingin menuntaskan pengalaman barunya.

“Kamu keren kok, sudah paling bagus. Walaupun sedikit salah ucap, kamu tadi bisa mengendalikannya,” tutur Toat Abdaul saat mengantarkan lomba.

Pengumuman diberikan pada pukul 14.00 melalui grup WA peserta. Rasa insecure dan minder malah membuahkan hasil yang luar biasa. Caca berhasil menjadi juara 1 lomba bercerita.

“Saya gak nyangka lo bisa juara 1, beneran ini? Alhamdulillah. Terima kasih saya ucapkan untuk bapak ibu guru SMPMP atas dukungan dan doanya, ” ucap Caca saat mendapatkan kabar gembira tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *