• Fri. Dec 3rd, 2021

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Tatap Muka Terbata di Masa Pandemi

Bysmpmplus

Jun 19, 2021

Webinar yang di selenggarakan Oleh Dinas Pendidikan Kota Salatiga bekerjasama  dengan Tim Kreatif SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yang mengusung tema “Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi” telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2021 mulai jam 10.00-11.30 WIB.

menghadirkan narasumber yang sudah berkompeten dibidangnya, yaitu :
1. Dr. H. Muh. Haris, S.S., M.Si – Wakil Walikota Salatiga
2. Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D – Kepala Pusat Penguatan Karakter kemendikbud Ristek
3. Yuni Ambarwati, SH – Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga
4. Sutomo, M.Ag – Agen Penguatan Karakter Puspeka Kemendikbud Ristek, Peraih Penghargaan Kepala SMP Inspiratif Kemendikbud RI 2020
5. Hariyati, S.Pd., M.Pd – Agen penguatan karakter kemendikbud Ristek
6. Pebi Sukamdani – Pusat penguatan Karakter kemendikbud Ristek (Moderator)

Serangkaian kegiatan webinar yang diselenggarakan secara langsung dari Studio SMP Muhammadiyah Plus Salatiga diisi dengan materi tentang penguatan karakter profil pelajar Pancasila yang sangat bermanfaat baik untuk kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, siswa dan masyarakat. Kegiatan yang berlangsung di studio pembelajaran sekolah ini dihadiri oleh Bapak Wakil Wali Kota Salatiga, Bapak Dr. H. Muh. Haris, S.S, M.Si., yang pada kesempatan tersebut memberikan penguatan sekaligus membuka  webinar.

Sambutan penyelenggaraan disampaikan oleh Ibu Yuni Ambarwati, SH (Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga). Beliau mengajak kepada seluruh satuan pendidikan untuk terus mengupayakan penanaman karakter Profil pelajar pancasila pada peserta didik sebagai cerminan profil pelajar Pancasila.

Wakil Wali Kota Salatiga, Dr. Muh Haris, SS, M.Si, dalam sambutannya juga mengajak seluruh satuan pendidikan di Salatiga dan peserta webinar dari sabang sampai merauke di ruang zoom yang berjumlah 688 an Peserta dari 878 pendaftar untuk turut aktif mengimplementasikan Karakter Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Untuk itu, diharapkan masing-masing satuan pendidikan untuk menyiapkan pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tahun Ajaran 2021/2022 dengan semangat Protokol Kesehatan (Protkes), dan menjadikan Guru sebagai model atau contoh dalam tertib Protkes. Terlebih dengan meningkat tajamnya kasus COVID-19 akhir-akhir ini, khususnya di Kota Salatiga.

Narasumber pertama yaitu Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D (Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud Ristek) menyampaikan materi tentang penguatan dan kebijakan Puspeka Kemendikbud RI, selanjutnya ada materi dari Bapak Sutomo, M.Ag (Agen Penguatan Karakter Puspeka Kemendikbud Ristek dan Peraih Penghargaan Kepala SMP Inspiratif Kemendikbud RI 2020) tentang praktik baik sebagai agen penguatan karakter, dan materi yang terakhir dari Ibu Hariyati, S.Pd., M.Pd (Agen Penguatan Karakter Kemendikbud Ristek) tentang praktik baik agen penguatan karakter, dalam mengeimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dilingkungan sekolah serta moderator yang tak kalah menarik yaitu Bapak Pebi Sukamdani dari Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud Ristek juga menyampaikan berbagai informasi kegiatan lomba- lomba yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan oleh PUSPEKA Kemendikbud Ristek agar semua guru sering mengunjungi SOSMED Cerdas Berkarakter.

One thought on “Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Tatap Muka Terbata di Masa Pandemi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *