• November 28, 2022 11:47 am

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

SMP Muhammadiyah Plus Laksanakan Ramadan Camp Bersama Sekolah Indonesia Jeddah

Bysmpmplus

Apr 26, 2022

Sebanyak 97 siswa kelas VII dan 15 pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah Plus Salatiga melaksanakan kegiatan Ramadan Camp (25/4).

                SMP Muhammadiyah Plus Salatiga kembali mengadakan kegiatan Ramadan Camp pada tahun 2022  setelah sempat ditiadakan karena naiknya kasus covid di Indonesia. Ramadan Camp adalah rangkaian kegiatan yang menjadi program sekolah selama bulan Ramadan. Kegiatan yang lebih dikenal luas dengan metode pesantren Ramadan ini dilaksanakan di sekolah. Ramadan Camp SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dimulai pada hari Senin, 25 April 2022 pukul 13.00 dan akan berakhir hari Selasa, 26 April 2022.

                Ramadan Camp menonjolkan aktivitas kerohanian yang bertujuan untuk semakin membentuk karakter keislaman siswa sekaligus melatih kemandirian. Kegiatan ini dimulai dengan tadarus Alquran bersama, pemberian materi yang berkaitan dengan bacaan solat, pemberian materi tentang mulianya Alquran di bulan Ramadan dan masih banyak lagi aktivitas keagamaan lainnya.

                Selain itu, agenda paling dinantikan dalam Ramadan Camp ini adalah sesi materi yang akan disampaikan oleh Kepala Sekolah Indonesia di Jeddah melalui zoom meeting dan akan disiarkan di kanal youtube SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Selain materi yang akan disampaikan akan ada juga kuis dengan hadiah ratusan ribu rupiah bagi yang beruntung.

                Muttaqin, M.Pd., selaku ketua pelaksana kegiatan Ramdan Camp mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat siswa dalam menjalankan kegiatan Ramadan dan memperbanyak amalan-amalan di bulan puasa pada akhir bulan Ramadan ini. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat lebih mandiri selama di sekolah.

                “Alhamdulillah, kegiatan Ramadan Camp yang sudah menjadi salah satu program unggulan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga selama bulan suci Ramadan ini dapat diselenggarakan lagi setelah sempat ditiadakan dua tahun terakhir ini karena meningkatnya kasus covid. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk peserta didik, khususnya untuk memperdalam dan memperbanyak amalan-amalan di bulan puasa,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Sutomo, M.Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *