• September 27, 2022 12:49 pm

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Ajak Siswa Tadabbur Alam melalui Program DTC

Bysmpmplus

Aug 29, 2022

Sebanyak 107 siswa yang duduk di kelas VII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga melaksanakan kegiatan Daarut Taqwa Camp (DTC) di Agro Wisata Kuncen Polobogo.

DTC merupakan salah satu program unggulan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Program ini bertujuan untuk mengajak siswa menadabburi alam, mengasah soft skill, dan berlatih mandiri. Program DTC juga merupakan program wajib tahunan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Program ini sempat terpaksa ditiadakan di tahun 2020 dan 2021 karena adanya pandemi covid.

Pada rangkaian kegiatan DTC tahun 2022 ini berlangsung dengan suasana berbeda dari kegiatan DTC pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya lokasi DTC yang biasanya bertempat di kaki gunung Telomoyo kini berganti lokasi ke Agro Wisata Kuncen Polobogo, Kec. Getasan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 25-26 Agustus 2022 tersebut diikuti siswa dengan bahagia. Di hari pertama siswa dibekali materi tentang Kunci Keberuntungan dengan Mempelajari Surat Ali-Imron ayat 104. Kemudian pada malam harinya diadakan kegiatan api unggun dan pentas seni. Antusias siswa dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari semangat para siswa ketika menampilkan beragam pentas seni.

Kegiatan di hari kedua diawali dengan salat tahajud berjamaah pada pukul 03.30 wib yang dilanjutkan dengan salat subuh dan mulaqu. Menjelang matahari terbit, siswa diajak untuk berolahraga bersama dan menikmati udara segar di pegunungan. Usai berolahraga, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk melaksanakan kegiatan lomba memasak sayur dan lauk yang telah disediakan. Sayur dan lauk yang diolah siswa kemudian dapat disantap sebagai sarapan pagi para siswa.

Sutomo, M.Ag., menjelaskan bahwa kegiatan DTC merupakan bagian dari ikhtiar sekolah untuk menyelaraskan pembelajaran di sekolah khususnya ilmu-ilmu keagamaan dengan kuasa Allah atas pembentukan alam semesta yang indah. “Alhamdulillah setelah dua tahun kegiatan DTC terpaksa ditiadakan, pada tahun 2022 ini kegiatan DTC kembali dilaksanakan. Semoga kegiatan DTC ini dapat membawa manfaat khususnya kepada siswa siswi SMP Muhammadiyah Plus Salatiga,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah Plus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *