• September 27, 2022 11:19 am

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Qur’anic Camp SMP Muhammadiyah Plus Salatiga

Bysmpmplus

Sep 14, 2022

SMP Muhammadiyah Plus Salatiga kembali mengadakan kegiatan Qur’anic Camp. Kegiatan yang bertujuan untuk semakin menguatkan karakter qur’ani dengan memperdalam ilmu agama ini dilaksanakan mulai bulan September – November 2022. Setiap minggunya secara bergantian para siswa putra dan putri ditempa rohaninya selama tiga hari.

Pada putaran pertama, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Bapak Sutomo M.Ag pada hari Rabu, 14 September 2022 di kediaman Bapak Drs. H. Ustman Haryono, Apt.

Qur’anic Camp merupakan salah satu kegiatan unggulan yang terdapat di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Dalam kegiatan ini, siswa mendapatkan pembinaan tahsin dan tahfidz. Selain itu, siswa akan mendapatkan pembelajaran mengenai ilmu Al-Quran serta pembinaan karakter religius dan mandiri. Qur’anic Camp ini akan diikuti oleh siswa Level 7. Sebanyak 107 siswa akan mengikuti kegiatan ini secara berkala. Setiap minggunya akan ada 12-15 siswa, jadi akan ada 12 kelompok yang mengikutinya. Kegiatan yang dimulai pada bulan September ini, akan berakhir di bulan November. Pelaksanaannya setiap hari Rabu sampai Jumat setiap minggunya.

Lokasi Qur’anic Camp yang dekat dengan sekolah, memudahkan siswa untuk tetap mengikuti kegiatan pembelajaran. Di pagi hari hingga sore hari, siswa mengikuti kegiatan di sekolah. Selepas sekolah, siswa kembali ke pendopo Bapak Usman dan melakukan bersih diri. Ba’da Maghrib kegiatan pembinaan tahsin dan tahfidz dilakukan. Pada kegiatan ini, para siswa akan didampingi oleh hafidz dan hafidzoh. Mereka akan belajar mengenai tajwid dan makhrijul huruf dalam pembinaan tahsin. Kemudian akan dilanjutkan dengan melakukan setoran hafalan sesuai yang sudah dicapai oleh siswa.
Kegiatan akan dilanjutkan dengan pembelajaran ilmu Al-Quran. Pada pembelajaran ini, siswa diajak untuk mengingat sejarah Al-Quran. Selain itu, siswa akan dikenalkan dengan kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Quran. Mulai dari kisah para nabi, kisah sosok-sosok yang dapat memberikan teladan, dan kisah peristiwa pada zaman terdahulu (seperti Perang Uhud, Perang Badar, dan lain-lain). Kegiatan akan diakhiri dengan istirahat. Di dini hari, siswa akan diajak untuk melakukan salat Tahajud.
Semua kegiatan dalam Qur’anic Camp bertujuan untuk membentuk karakter religius dan menumbuhkan kemandirian dalam diri siswa. Sebab selama 3 hari siswa tinggal di Pendopo bersama teman-teman layaknya santri dalam pondok.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan Qur’anic Camp, Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Sutomo, M.Ag., menyampaikan kepada para siswa untuk dapat mencintai dan mengamalkan Al-Qur’-an di setiap waktu yang mereka miliki. Beliau juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini insyaAllah akan menjadi berkah dalam mencetak Generasi yang Qurani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *