• Fri. Dec 3rd, 2021

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Belajar Bersama Kepala Balai Bahasa dan Duta Bahasa Jawa Tengah

Bysmpmplus

Oct 4, 2021

Tiga puluh siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga melaksanakan kegiatan Bengkel Literasi Kebahasaan dan Kesastraan bersama dengan Kepala Balai Bahasa dan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah Minggu, 3 Oktober 2021.

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan bertajuk Bengkel Literasi Kebahasaan dan Kesastraan yang bertempat di Aula SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Kegiatan tersebut terselenggara dengan tujuan mengampanyekan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui Gim Petualangan Sima: Memadankan Kata Menyambungkan Rasa. Dipandu langsung oleh Duta Bahasa Jawa Tengah tahun 2019 Ida Fitriyah S.Pd., dan dua pemenang juara 1 Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah Zalfaa Azalia Pursita dan Asyif Awaludin Romadhoni yang pada pertengahan bulan ini juga akan maju ke tingkat Nasional, siswa diajak untuk bermain sambil belajar melalui laman milik Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Kemdikbud Ristek yaitu “Gim Petualangan Sima”. Selain untuk mengenalkan penggunaan tata bahasa yang baik berupa padanan kata melalui permainan, kegiatan Bengkel Literasi Kebahasaan dan Kesastraan tersebut juga sebagai wadah untuk memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober.

Tak ketinggalan, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Bapak Dr. Ganjar Harimansyah juga ikut serta menyosialisasikan penggunaan kosa kata dan tanda baca yang tepat dalam bentuk penulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia khususnya kaum pelajar harus dapat menjadi pelopor penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Kita harus dapat menguatamakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehati-hari sebagai bahasa nasional negara kita. Menguatamakan bahasa Indonesia telah diatur secara sah dalam undang-undang, maka dari itu sebagai pelajar kita harus bisa menjadi pelopor penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.”

Ditemui secara terpisah, Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Sutomo, M.Ag., mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepada SMP Muhammadiyah Plus Salatiga untuk dapat menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah, kami merasa senang dan sangat berterima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan kepercayaan kepada siswa siswi kami untuk belajar bersama dalam kegiatan Bengkel Literasi Kebahasaan dan Kesastraan melalui Gim Petualan Sima. Semoga kegiatan ini dapat menuai manfaat yang dapat dipraktikakan oleh peserta didik kami di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga,” ungkap Kepala Sekolah Inspiratif tahun 2020 itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *