• February 23, 2024 10:58 am

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Deklarasikan Sekolah Ramah Anak dan Peringatan Hari Batik Nasional

Bysmpmplus

Nov 1, 2023

SMP Muhammadiyah Plus Salatiga merayakan pencapaian luar biasa dalam mewujudkan lingkungan belajar yang lebih baik dan lebih ramah terhadap anak khususnya para siswa dengan mendeklarasikan sekolah ramah anak.

Peringatan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2023 dirayakan secara istimewa oleh SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Pasalnya, dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan kegiatan Deklarasi Sekolah Ramah Anak. Deklarasi Sekolah Ramah Anak ini adalah langkah awal dalam perjalanan SMP Muhammadiyah Plus Salatiga menuju pencapaian standar pendidikan yang lebih tinggi dan memberikan pengalaman pendidikan yang positif bagi semua siswa.

Dalam kesempatan ini turut hadir PJ Wali Kota Salatiga Bapak Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, M.M., Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga Bapak Prof. Dr. Sa’adi, M.Ag., Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Salatiga Ibu Ir. Ratna Timur Annafisati, S.Ag., Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Salatiga Ibu Dra. Siti Nur Solekhah, Kepala DP3APPKB Ibu Yuni Ambarwati, S.H., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bapak Yayat Nurhayat, AP., M.Si., Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Bapak Dr. Sugiman, M.Si., Komite SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Bapak Eko Susilo, M.Pd., Anggota Musyawarah Kerja Kepala SMP Negeri dan Swasta se-Kota Salatiga., dan Ikatan Wali Murid (IKWAM) SMP Muhammadiyah Plus Salatiga.

SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yakin bahwa dengan menjalankan komitmen ini, warga sekolah akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan membantu mencetak generasi muda yang berbakat, berempati, dan siap bersaing di era global. Hal ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman, inklusif, dan ramah anak serta memberikan pendidikan yang berkualitas dalam memprioritaskan keamanan, kebahagiaan, dan perkembangan anak-anak sebagai fokus utama. 

PJ Wali Kota Salatiga dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekolah harus bisa menjaga konsistensi sebagai entitas yang ramah untuk anak-anak. “Komunikasi menjadi kunci. Perbanyaklah saling bertemu tidak hanya anak ke sekolah tetapi orang tua juga dapat terus berkomunikasi ke sekolah. Hal ini perlu dilakukan sebagai modal untuk menyiapkan generasi yang dapat bersaing di era global.”

Tak hanya kegiatan Deklarasi Sekolah Ramah Anak, SMP Muhammadiyah Plus Salatiga juga menggelar pameran batik karya siswa dengan menampilkan 38 motif batik Nusantara. Karya yang dipajang di Aula Mini Serbaguna SMP Muhammadiyah Plus Salatiga itu turut menyita perhatian PJ Wali Kota Salatiga yang sempat mampir dan melihat karya-karya siswa. Pada momen spesial ini, Bapak/Ibu Guru dan Karyawan juga turut memakai baju batik ecoprint karya para siswa. 

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga Bapak Prof. Dr. Sa’adi, M.Ag., juga memberikan apresiasi dan dukungannya atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau berharap agar hal-hal yang telah tercantum dalam Deklarasi Ramah Anak dapat menjadi komitmen yang dipegang teguh dan dijalankan bersama warga sekolah dan para stake holder untuk meuwujudkan sekolah ramah anak yang diinginkan.

Sutomo, M.Ag., Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga., turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran PJ Wali Kota Salatiga dan para tamu undangan dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah, kegiatan peringatan Hari Batik Nasional dan juga Deklarasi Sekolah Ramah Anak SMP Muhammadiyah Plus Salatiga berjalan dengan lancar. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak demi lancar dan suksesnya kegiatan ini. Dengan dideklarasikannya SMP Muhammadiyah Plus Salatiga  sebagai Sekolah Ramah Anak, maka kami berkomitmen dan terus berupaya untuk lebih mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif, nyaman, dan menyenangkan bagi para siswa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *