• June 13, 2024 1:32 am

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Debut Perdana Lomba MAPSI Rebana, SMPMP Juara 1

Bysmpmplus

Oct 20, 2023

Tim Rebana SMP Muhammadiyah Plus Salatiga berhasil menjuarai  kompetisi rebana dalam ajang MAPSI 2023 (12/10)

Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islami (MAPSI) tahun 2023 kembali digelar di Kota Salatiga. MAPSI merupakan lomba tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI). Terdapat  tujuh cabang lomba yang terlaksana di dua lokasi berbeda. Lokasi pertama bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kota Salatiga dengan cabang lomba pidato, tahfidz, kaligrafi, dan rebana. Sementara itu, lokasi kedua bertempat di SMP Negeri 1 Salatiga dengan cabang lomba CCI, tartil, dan tilawah.

Lomba yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Ibu Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si., dilaksanakan mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.00.  Dalam kesempatan tersebut, SMP Muhammadiyah Plus Salatiga berhasil membawa pulang empat piala juara. Ahmad Ridwan Refandi dan Intan Safaatun Nisa berhasil memperoleh juara 1 cabang lomba Tilawah Putra/Putri. Almira Firda Amalia memperoleh juara 2 cabang lomba Pidato Putri  dan Tim Rebana SMP Muhammadiyah Plus Salatiga berhasil memperoleh juara 1.

Cabang lomba rebana dalam ajang MAPSI merupakan cabang lomba baru yang dihadirkan di tahun 2023 ini. Dengan persiapan yang singkat, Tim Rebana SMP Muhammadiyah Plus Salatiga berusaha memaksimalkan waktu untuk terus berlatih rebana yang sebelumnya belum pernah dipelajari secara langsung ataupun melalui ekstrakurikuler. Membawakan dua buah lagu yaitu Ya Hanana dan Tobat Maksiat dengan aransemen rebana modern yang menambahkan unsur gamalen dan alat musik band, Tim Rebana SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dapat membawa pulang piala juara 1 di debut perdana ini.

Abdullah Azzam Almubarok selaku pendamping Tim Rebana mengatakan bahwa rebana merupakan salah satu contoh musik  tradisional yang juga perlu dilestarikan. “Lomba rebana ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang melestarikan seni tradisional dan mempromosikan budaya. Alhamdulillah, SMP Muhammadiyah Plus Salatiga mampu menampilkan aransemen rebana modern yang diterima oleh dewan juri.”

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Sutomo, M.Ag., “Alhamdulillah, MAPSI 2023 ini kita dapat membawa dua siswa dan satu Tim Rebana melaju ke Tingkat Provinsi untuk melanjutkan perjuanagan. InsyaAllah untuk ke depannya kami juga akan menambah ekstrakurikuler rebana di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga untuk lebih mempersiapkan generasi penerus dalam ajang lomba berikutnya.”

Selanjutnya, Tim Rebana SMP Muhammadiyah Plus Salatiga akan melaju pada lomba MAPSI Tingkat Provinsi bersama dengan Ahmad Ridwan Refandi dan Intan Safaatun Nisa sebagai pemenang juara 1 cabang lomba Tilawah Putra/Putri. MAPSI Tingkat Provinsi akan diselenggaran di Kota Jepara pada akhir bulan Oktober nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *