• Fri. Dec 3rd, 2021

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Guru SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Raih Juara 1 International Conference Lesson Study (ICLS) 2021

Bysmpmplus

Sep 12, 2021

Tiga guru SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yang tergabung dalam Tim Lesson Study berhasil meraih juara 1 International Conference on Lesson Study (ICLS) se-Jawa Tengah (11/09).

Lesson study merupakan pembinaan profesi pendidik (guru dan dosen) yang dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran dan mewujudkan komunitas belajar. Kegiatan ini diadakan oleh kemitraan antara LPTK dengan sekolah Muhammadiyah se-Jawa Tengah melalui Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dan Majelis DIKDASMEN PWM Jawa tengah.

Serangkaian kegiatan Lesson Study dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli – 11 September 2021 berupa kegiatan workshop lesson study (chapter lesson & lesson plan, open class, refleksi), praktik, presentasi, penyusunan artikel dan diakhiri dengan Seminar Internasional ICLS. Dalam kegiatan tersebut panitia juga mengadakan lomba video dan artikel ilmiah lesson study.

TIM Lesson Study SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yang beranggotakan Sutomo, M.Ag., selaku kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Arif Fahrurozi, S.Pd., selaku Guru Observer 1, Tri Bekti, S.Pd., selaku Guru Observer 2, dan Suryaning Fajar Sari, S.Pd., sebagai Guru Model. Berkat bimbingan langsung yang diberikan oleh dosen UNIMUS, Tim Lesson Study SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dapat meraih juara 1 kategori video open class dari sekolah Muhammadiyah se-Jawa Tengah. Penghargaan tersebut di serahkan langsung Oleh Dr. Iwan Junaidi M.Pd Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jateng didampingi Ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd. Dekan MIPA UNIMUS di Auditorium Kedokteran UNIMUS

Pengumuman lomba yang dilaksanakan hari Sabtu, 11 September 2021 di Fakultas Kedokteran UNIMUS ini tentunya membanggakan SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, khususnya Tim Lesson Study. Suryaning Fajar Sari, S.Pd., selaku Guru Model mengungkapkan bahwa sebelumnya tidak menyangka akan mendapatkan Juara 1, tapi atas semangat dan kerja keras semua TIM, akhirnya bisa memperoleh Juara 1. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan semangat mencerdaskan generasi Indonesia. Aamiin…”

Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Sutomo, M.Ag., turut bangga atas prestasi yang diraih oleh tenaga pendidiknya. “Alhamdulillah, upaya untuk terus meraih prestasi tiada henti dilakukan oleh semua Civitas Akademika SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Lesson Study ini merupakan program berkelanjutan yang dapat terus diaplikasikan. Semoga akan segera disusul prestasi selanjutnya,” ungkap penerima penghargaan Kepala Sekolah Inspiratif Kemendikbud tahun 2020 tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *