• Fri. Dec 3rd, 2021

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Rayakan Semarak Kemerdekaan ke-76 Bersama Sekolah Indonesia Johor Bahru Malaysia

Bysmpmplus

Aug 16, 2021

Kegiatan semarak kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-76 Indonesia, SMP Muhammadiyah Plus Salatiga mengadakan kegiatan Dering motion (Students Sharing Motivation and Inspiration) with Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB), Malaysia secara virtual melalui zoom meeting. Menghadirkan narasumber langsung dari Malaysia, yaitu Kepala Sekolah Indonesia Johor Bahru, Ibu Andita Putri Purnama dan ATDIKBUD KBRI Malaysia, Bapak Mokh. Farid Ma’ruf, Ph.D. Pada kesempatan ini, hadir pula Ibu Yuni Ambaarwati, S.H., selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga.

Kegiatan Dering Motion  yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2021 yang diikuti seluruh siswa kelas VII hingga IX tentunya menjadi momentum berharga dan penuh motivasi yang dapat dirasakan baik oleh peserta didik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga maupun Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Pasalnya, pada kesempatan tersebut, siswa diajak untuk saling berbagi pengalaman dan kisah perjalanan selama mengenyam pendidikan di Malaysia.

Rangkaian acara Dering Motion dikemas sangat menarik dengan adanya dialog interaktif antara siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dengan siswa SIJB. Kedua sekolah tersebut saling berbalas pantun yang membuat acara semakin seru dan menyenangkan. Tak hanya itu, panitia acara juga mengadakan kuis interaktif yang semakin menyemarakkan acara. Pada kesempatan tersebut para pengisi acara dari SMP Muhammadiyah Plus Salatiga  juga tampil beda dengan mengenakan pakaian adat kalimantan, Minang, dan Jawa yang membuat perayaan kemerdekaan secara virtual ini menonjolkan kebhinekaan di Indonesia.

Ibu Andita Putri Purnama, selaku Kepala Sekolah Indonesia Johor Bahru Malaysia, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena bisa Kembali menjalin silaturahmi walau secara virtual. Beliau memberikan pesan kepada siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga untuk menjadi manusia yang tangguh dan tumbuh, salah satunya melalui pendidikan. “Pendidikan mampu membuat kita bangkit karena korelasi pendidikan dengan permasalahan WNI di Malaysia sangat tinggi. Ketika seseorang memiliki pendidikan dan ilmu, maka berbagai permasalahan WNI di luar negeri akan dapat diminimalisir, maka siswa Indonesia harus mau untuk terus belajar dan pantang menyerah demi keberlangsungan kemajuan bangsa,”ucap Kepala SIJB.

ATDIKBUD KBRI Malaysia, Bapak Mokh. Farid Ma’ruf, Ph.D., menyampaikan makna kemerdekaan yang mendalam serta motivasi yang luar biasa. Beliau juga mengajak seluruh peserta zoom meeting kali ini untuk membentuk pola pikir lebih fleksibel dan siap untuk menghadapi hari-hari ke depan. Turut menyapa pula Ibu Yuni Ambarwati, S.H., selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga. Dalam sambutannya beliau berharap, melalui kegiatan ini anak-anak dapat sharing pengalaman dan dapat bekerja sama dalam memajukan pendidikan anak Indonesia.

Sutomo, M.Ag., selaku Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan Dering Motion guna ikut menyemarakkan kemerdekaan Indonesia ke-76. bahwa. “Alhamdulillah, kegiatan Dering Motion  ini berjalan dengan lancar dan sukses. Kami berterima kasih kepada Sekolah Indonesia Johor Bahru, Bapak Atdikbud KBRI Malaysia, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Ibu Yuni Ambarwati, S.H., yang telah berkesempatan untuk hadir secara virtual melalui zoom. Ini adalah bentuk pembelajaran yang berharga bagi peserta didik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga untuk lebih banyak belajar banyak hal dari luar negeri. Selain itu kegiatan Dering Motion ini juga dapat mempererat tali silaturahmi antara SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dengan SIJB” ungkap penerima penghargaan Kepala Sekolah Inspiratif Kemendikbud  tahun 2020 itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *