• November 28, 2022 1:06 pm

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

IPM SMP Muhammadiyah Plus Berpartisipasi Dalam Hari Peduli Sampah

Bysmpmplus

Apr 25, 2022

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah Plus Salatiga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga melakukan aksi bersih sekolah dengan mengumpulkan sampah non organik dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah (21/2).

             Hari Peduli Sampah yang diperingati setiap tanggal 21 Februari dimanfaatkan oleh para pengurus IPM SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dengan ikut serta dalam kegiatan peduli pengelolaan sampah. Kegiatan ini juga termasuk salah satu program kerja IPM SMP Muhammadiyah Plus Salatiga.

            Kegiatan peduli sampah tersebut dimulai dengan dilakukannya sosialisasi kepada seluruh warga sekolah satun minggu sebelum Hari Peduli Sampah. Sosialisasi dilakukan baik secara daring maupun luring dengan pembuatan flyer yang berisi pengumuman informasi petunjuk pembuangan sampah. Hal ini dimaksudkan agar para siswa dapat mengetahui dan membuang sampah sesuai jenisnya dengan benar, seperti tempat sampah berwarna hijau untuk sampah organik, warna kuning untuk anorganil, dan hitam untuk sampah residu. Para anggota IPM juga berkeliling kelas untuk menyampaikan panduan tentang pembuangan sampah tersebut. Selain itu, IPM juga menyiapkan tempat sampah yang memang sudah ada sebelumnya dengan mengganti plastik sampah dengan yang baru.

            Setelah sampah terkumpul, pengurus IPM memasukkan sampah ke dalam kantong plastik besar yang telah disortir sesuai jenisnya. Sampah-sampah tesebut kemudian dikirim ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada hari Senin, 21 Februari 2022.

            Akmal Febryananda selaku Ketua IPM SMP Muhammadiyah Plus Salatiga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program IPM untuk membantu dalam mengelola sampah dengan baik khususnya sampah di lingkungan sekolah. “Kegiatan peduli sampah ini merupakan salah satu program IPM. Selain itu, kami juga turut berpartisipasi dalam Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.”

Sutomo, M.Ag., mengapresiasi kegiatan IPM SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. “Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi ide dan aksi yang muncul dari pengurus IPM SMP Muhammadiyah Plus Salatiga ini. Kegiatan positif seperti ini semoga terus berkesinambungan dijalankan agar dapat membentuk dan menanamkan kebiasaan  baik dan peduli dalam diri siswa,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah Plus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *