• September 27, 2022 10:43 am

SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Generasi Unggul, Cerdas, dan Qur'ani

Produk Olahan Pati Garut dan Waluh Antarkan SMPMP Juara 1 Krenova Tingkat Kota Salatiga

Bysmpmplus

Aug 15, 2022

SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga menerima penghargaan dari PJ Wali Kota Salatiga atas prestasinya kembali berhasil meraih Juara 1 Krenova Tingkat Kota Salatiga melalui karya inovasinya yaitu biskuit dengan bahan dasar pati garut dan waluh (15/8).

Lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova) Tingkat Kota Salatiga kembali digelar oleh Pemerintah Kota Salatiga melalui Bappeda Kota Salatiga. Krenova adalah salah satu lomba yang mengakomodir bentuk kreativitas dan inovasi dalam bidang keilmuan. Pada tahun 2022 ini terdapat 10 tema inovasi yang diangkat yaitu Agribisnis dan Pangan; Energi Baru dan Terbarukan;  Kehutanan dan Lingkungan Hidup; Keluatan dan Perikanan; Kesehatan, Obat-obatan, dan kosmetik; Pendidikan; Rekayasa teknologi dan manufaktur; Teknologi informasi dan komunikasi; Industri Kreatif; Sosial, Budaya (Pemberdayaan Masyarakat dan Revitalisasi Budaya).

Dalam kesempatan itu, SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga melalui Tim Krenova yang terdiri dari Prihatin Suryaningtyas, S.Pd., Nadya Rizky Syah Putri, S.Pd., dan Muhammad Nur Aini, S.Pd., ikut turut serta dengan mengambil tema Agribisnis dan Pangan. Melalui tema tersebut, Tim Krenova SMP Muhammadiyah Plus Salatiga membuat produk berupa biskuit dengan nama produk Pumparro. Pumparro adalah biskuit yang berbahan dasar pati garut dan waluh. Nama Pumparro sendiri diambil dari pumpkin (waluh) dan arrowroot starch (pati garut).  Selain waluh dan pati garut, bahan yang diperlukan untuk membuat Pumparro ini adalah gula halus, susu skim bubuk, vanila bubuk, garam, dan kuning telur.

Melalui produk Pumparro, SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga behasil membawa pulang piala Juara 1 Krenova Tingkat Kota Salatiga. Pumparro diklaim merupakan produk yang bebas gluten dan rendah gula, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan orang yang sedang mengurangi gluten. Krenova pada tahun 2022 Tingkat Kota Salatiga ini diikuti oleh dua puluh inovator dari latar belakang berbeda dan dengan berbagai karya.

Kepala SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, Sutomo, M.Ag., menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang berhasil diraih. “Alhamdulillah, Tim Krenova SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yang dikomandoi oleh Bu Prihatin Suryaningtyas, S.Pd., ini dapat kembali meraih juara dalam lomba tahunan Krenova. Kejuaraan ini merupakan kejuaraan kelima dalam ajang Krenova yang dapat dipertahankan dari tahun ke tahun. Harapan saya, semoga karya inovasi ini mampu untuk terus dikembangkan dan menjadi manfaat bagi banyak orang,” Ucap Kepala Sekolah Berprestasi Kemdikbudristek tahun 2020 itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *